Nama Program : "Teh Ta Jojaq" artinya "Mari Kita Bermain"
Jenis Kegiatan : Kegiatan Ko-Kurikuler (Classmeeting)
Pelaksanaan Kegiatan : Setelah kegiatan PAT (Penilaian Akhir Tahun) berakhir
Nama CGP : Ni Putu Sri Astitika, S.Pd
CGP Angkatan 4_SMAN 1 Tanjung_Lombok Utara
Nama Fasilitator : I Ketut Latri
Nama Pengajar Praktik : I Made Sadia, S.Pd
PERISTIWA ( FACT )
LATAR BELAKANG
Masa pandemi yang telah berlangsung kurang lebih selama 3 tahun
ini, ternyata membawa dampak yang luar biasa bagi manusia. Hampir semua
aktivitas kita dibatasi, baik itu dalam kehidupan pribadi maupun dalam
kehidupan bermasyarakat. Ruang gerak kita menjadi terbatas, bekerja dari rumah,
belajar dari rumah, bahkan belanja dari rumah. Situasi dan kondisi ini
menyebabkan berkurangnya interaksi secara langsung antar manusia, seperti ada
sekat yang memisahkan kita dengan saudara, teman, maupun tetangga. Setelah kini
masa pandemi mulai berakhir, dimana aktivitas kita sudah mulai kembali seperti
semula, sudah ada kelonggaran baik dalam berinteraksi dengan sesama ataupu
dalam protokol kesehatan. Namun agaknya kita sudah terlanjur terbiasa dengan
kebiasaan di masa pandemi, masih membatasi diri dan belum bisa berinteraksi
dengan orang lain seperti sebelum pandemi. Hal ini pun juga terjadi pada murid
di sekolah, sebagian besar dari mereka kurang memiliki ketrampilan dalam
berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain serta cenderung kurang peduli
dengan lingkungan sekitarnya. Melihat realita tersebut, sekolah merencanakan
sebuah program yang berdampak pada murid dengan terlebih dahulu melakukan
pemetaan aset dan potensi yang bisa diberdayakan dan dimanfaatkan untuk menumbuhkan
dan meningkatkan ketrampilan berinteraksi dan berkomunikasi semua warga sekolah
khususnya antar murid SMAN 1 Tanjung.
ALASAN MELAKUKAN AKSI NYATA
Pembelajaran
jarak jauh (PJJ) menyebabkan ketrampilan murid dalam berinteraksi kurang, hal
ini disebabkan kurangnya frekuensi pertemuan satu dengan yang lainnya secara
langsung. Jangankan interaksi antar kelas dengan teman sekelas yang dulunya
beda sesi pada saat PTM terbatas saja mereka kurang akrab. Selain itu, motivasi
dan daya tahan banting murid dalam menghadapi masalah tergolong rendah. Murid
cendrung mudah menyerah karena terbiasa dengan zona nyaman saat PJJ yang mana
bisa belajar sambil rebahan. Kegiatan ekstrakurikuler juga tidak bisa berjalan
secara maksimal sehingga murid tidak bisa menyalurkan hobi dan bakat mereka di
sekolah. Sementara menurut filosofi KHD, pengajaran merupakan kecakapan hidup
murid, sekolah memutuskan untuk melaksanakan sebuah program yang berdampak pada
murid, sekolah memutuskan untuk melaksanakan sebuah program yang berdampak pada
murid guna mendorong munculnya suara, pilihan, dan kepemilikan murid. Di dalam
program ini, murid melalui OSIS memberikan suara berupa usulan jenis kegiatan
Classmeeting, dan menentukan pilihan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan,
serta diberikan tanggung jawab untuk mengelola pelaksanaan kegiatan
Classmeeting (kepemilikan). Berdasarkan pemetaan 7 aset yang dimiliki sekolah
yaitu manusia (murid/OSIS, guru, Kepala Sekolah, tenaga kependidikan),
lapangan, halaman, waktu, dana BOS/BOP, dan kebijakan sekolah berupa
optimalisasi waktu jeda semester genap tahun pelajaran 2021/2022 terbentuklah
program “Teh Ta Jojaq” sebagai program ko-kurikuler yang diharapkan
dapat menguatkan interaksi sosial antar murid secara positif, arif, dan
bijaksana.
HASIL AKSI NYATA YANG DILAKUKAN
Program “Teh Ta Jojaq”
merupakan program ko-kurikuler yang dibuat dengan harapan mampu memberikan
dmpak pada murid yang pelaksanaannya dikoordinasi oleh OSIS di bawah kendali
tim kesiswaan. Program ini dilaksanakan setelah kegiatan Penilaian Akhir Tahun
(PAT) atau pada saat jeda semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yaitu
tanggal 9 Juni sampai dengan 15 Juni
2022. Program ini digagas oleh OSIS SMAN Negeri 1 Tanjung dengan tujuan untuk
mengasah minat dan bakat murid sekaligus menguatkan interaksi sosial antar
murid secara positif, arif, dan bijaksana. Selain itu, program ini diharapkan
dapat menyegarkan dan merilekskan pikiran serta menjaga kestabilan emosional
murid pasca kegiatan PAT, atau bisa dikatakan sebagai latihan mindfulness.
Jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam program “Teh Ta Jojaq” meliputi : voli, tarik
tambang, dan terompah. Program ini telah berhasil diselenggarakan dengan
sukses, lancar dan juga sangat meriah karena dukungan serta partisipasi dari
semua warga sekolah. Hal ini terbukti dari antusiasme yang ditunjukkan oleh
murid, guru, maupun tenaga kependidikan dalam mengikuti dan membersamai selama
pelaksanaan program “Teh Ta Jojaq”
berlangsung.
Jadwal Perlombaan :
Bola Voli 9-13 Juni 2022
Terompah 14 Juni 2022
Tarik Tambang 15 Juni 2022
Dokumentasi :
Pembina OSIS, Tim Kesiswaan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah pada tanggal 6 Juni 2022
Pengurus OSIS sedang berdiskusi membahas kegiatan classmeeting pada tanggal 7 Juni 2022
Pelaksanaan lomba voli putra 9-13 Juni 2022
Pelaksanaan lomba voli putri 9-13 Juni 2022
Pelaksanaan lomba Terompah putri pada tanggal 14 Juni 2022
Pelaksanaan lomba tarik tambang putra pada tanggal 15 Juni 2022Daftar Pemenang :
Juara Vollyball Putra:
- Juara 1 X MIPA
- Juara 2 BB
- Juara 3 XI IPS
Juara Vollyball Putri:
- Juara 1 XI IPS
- Juara 2 BB
- Juara 3 X MIPA
Juara Terompah:
- Juara 1 X IPS 4
- Juara 2 XI IPS 1
- Juara 3 XI MIPA 2
Juara tarik tambang:
- Juara 1 XI MIPA 1
- Juara 2 XI IPS 1
- Juara 3 X IPS 1
PERASAAN ( FEELINGS )
Perasaan saya saat menjalankan aksi nyata adalah saya merasa
sangat senang dan ikut menikmati semua kegiatan program “Teh Ta Jojaq” ini, sanggat berbangga serta memberikan apresiasi
yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang terlibat dalam programm ini terutama
semua murid atas partisipasinya dalam menyukseskan penyelenggaraan program “Teh Ta Jojaq” dibawah koordinasi OSIS
dengan bimbingan tim kesiswaaan SMA Negeri 1 Tanjung. Melihat antusiasme dan
kekompakan murid serta kolaborasi mereka dalam mengikuti setiap lomba baik volly,
tarik tambang dan terompah membuat kita optimis bahwa program ini telah
berhasil mencapai tujuan yang diharapkan yaitu mengasah bakat dan minat murid
sekaligus menguatkan interaksi sosial antar murid secara positif, arif, dan
bijaksana sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
PEMBELAJARAN ( FINDINGS )
Menyadari kebenaran filosofi KHD bahwa
pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk
kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Melalui program “Teh Ta Jojaq” ini, sekolah berupaya untuk menumbuhkan
kecakapan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti,
lomba olahraga dan permainan yang diselenggarakan yaitu Voli, Tarik Tambang,
dan Terompah untuk mengasah bakat murid
di bidang olahraga sekaligus menumbuhkan budaya hidup sehat pada murid.
Pembelajaran dari aksi nyata ini bahwa, untuk mencapai tujuan
pendidikan maupun visi misi sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar dalam
rangka mencetak murid yang berprestasi dan berkarakter sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila dapat dilakukan dengan mengelola program yang berdampak pada
murid. Program yang berdampak pada murid dirancang dengan mempertimbangkan
aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid serta berdasarkan pemetaan aset yang
dimiliki sekolah, selanjutnya diwujudkan dalam sebuah program yang dapat
dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, maupun
ekstrakurikuruler.
PENERAPAN KE DEPAN ( FUTURE )
Program “Teh Ta Jojaq” telah
dilaksanakan dengan sukses berkat kolaborasi antar warga sekolah. Program
tersebut berhasil mencapai tujuan yaitu untuk mengasah bakat dan minat murid
sekaligus menguatkan interaksi sosial antar murid secara positif, arif, dan
bijaksana. Program ini juga ternyata bisa menjadi latihan mindfulness bagi murid-murid selepas pelaksanaan kegiatan PAT.
Namun, beberapa hal yang harus diperhatikan untuk program selanjutnya adalah
komitmen murid pasca pelaksanaan kegiatan untuk tetap disiplin dalam menjaga
kebersihan dan kerapian kelas masing-masing. Kedepannya, berusaha untuk
merancang lebih banyak program yang berdampak pada murid dengan
mempertimbangkan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid melalui kegiatan
intrakurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler dengan terlebih dahulu
melakukan pemetaan aset yang dimiliki sekolah.
Salam dan Bahagia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar